Taipan Meksiko Carlos Slim menjadi orang terkaya di dunia untuk tahun kedua berturut-turut, menurut Forbes.
Berikut adalah daftar 10 orang terkaya versi Forbes 2011:
1. Carlos Slim (Meksiko) - Rp 649,7 triliun, telekomunikasi
Slim, 71, pertama menunjukkan bakat bisnisnya di usia 10 tahun dengan menjual minuman dan makanan ringan untuk keluarganya. Setelah belajar teknik, ia mendirikan sebuah perusahaan real estate dan bekerja sebagai pedagang di bursa saham Meksiko. Slim dikenal dengan "sentuhan Midas" dalam mengakuisisi perusahaan bermasalah dan mengubahnya menjadi penghasil uang.
Kekayaan besarnya kontras dengan gaya hidup hematnya. Dia telah tinggal di rumah yang sama selama sekitar 40 tahun dan mengendarai sebuah Mercedes Benz tua, meskipun dilapisi baja dan dikawal.
Dia telah terlibat dalam memerangi kemiskinan, buta huruf dan kesehatan buruk di Amerika Latin dan mempromosikan proyek-proyek olahraga bagi masyarakat miskin, tetapi tidak pernah menyatakan berencana untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk amal.
2. Bill Gates (USA) - Rp 491,7 triliun, Microsoft
Merasakan awal dari revolusi komputer pribadi, Gates, 55, keluar dari Harvard University pada tahun 1975 untuk memulai Microsoft dan mengejar visi komputer di setiap meja dan di setiap rumah. Microsoft go public pada tahun 1986 dan setahun kemudian sahamnya melonjak membuat Gates, pada usia 31, menjadi miliarder.
Pada tahun 2008 ia mengundurkan diri dari perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia itu untuk bekerja di The Bill and Melinda Gates Foundation. Dia telah memberikan Rp 245,8 triliun kekayaannya untuk yayasan itu.
Bersama istrinya Melinda dan Warren Buffett, dia juga meyakinkan 57 miliuner AS untuk meneken Janji Memberi dan secara publik berjanji memberikan setidaknya 50 persen dari kekayaan mereka selama hidup mereka atau pada saat kematian mereka.
3. Warren Buffett (USA) - Rp 439 triliun, Berkshire Hathaway
Buffett, 80, telah menjalankan konglomerasinya yang berpusat di Omaha, Nebraska, sejak tahun 1965. Bisnisnya dari kereta api hingga es krim.
Pada tahun 2006 ia berjanji untuk memberikan 99 persen kekayaannya ke Bill dan Melinda Gates Foundation dan amal keluarga. Sejauh ini dia telah memberikan US$ 8 miliar (Rp 70,2 triliun) ke Yayasan Gates.
4. Bernard Arnault (Prancis) - Rp 360 triliun, LVMH
Arnault, 62, teman dari Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dididik di Ecole Polytechnique dan bergabung dengan perusahaan konstruksi ayahnya di usia 25. Dia memperoleh reputasi pemburu perusahaan yang kejam setelah mendorong keluar saingan pemegang saham ketika ia mulai membangun grup LVMH pada 1990-an dengan merek Louis Vuitton, Moet dan Hennessy.
Saat ini grup itu menjadi grup pembuat barang mewah terbesar di dunia. Imejnya sebagai predator menghantuinya ketika dia berjuang dengan sia-sia untuk mengakuisisi Gucci pada tahun 1999 dan 2000. Lalu minggu ini dia menghentak pembuat perhiasan Bulgari sebesar US$ 5,18 miliar.
5. Larry Ellison (USA) - Rp 347 triliun, Oracle Corp
Ellison, pendiri dan CEO Oracle, dikenal dengan persaingannya dengan pembuat perangkat lunak Jerman SAP AG. Eksekutif itu akhir tahun lalu menyerang Hewlett Packard yang menurutnya tidak adil karena memecat teman lamanya Mark Hurd. Ellison kemudian mempekerjakannya.
Ellison, yang memenangkan kejuaraan berlayar Piala Amerika tahun lalu, dianggap salah satu "orang lama" dari Silicon Valley.
6. Lakshmi Mittal (India) - Rp 273 triliun, baja
Taipan baja berbasis di London, Mittal, 60, menjalankan ArcelorMittal, produsen baja terbesar di dunia.
Perusahaan Mittal mendanai sebuah menara merah senilai US$ 29 juta yang dirancang oleh pemenang hadiah Turner, Anish Kapoor dan lebih tinggi dari Patung Liberty New York, yang akan mengapung di atas Olympic Park London saat pertandingan 2012.
Pada tahun 2005 ia menghabiskan US$ 10 juta untuk mempromosikan bakat olahraga dan mendorong potensi atlet Olimpiade di tanah airnya setelah ia kecewa dengan perolehan medali India di Olimpiade Athena.
7. Amancio Ortega (Spanyol) - Rp 272 triliun, ritel
Amancio Ortega, 74, memulai bisnis pakaian di tahun 1960 dengan membuat gaun di garasinya di La Coruna. Perusahaannya, Inditex, memiliki rumah mode Zara dan sekarang menjadi pengecer pakaian terbesar di dunia. Ortega ketat menjaga privasi dan tidak memberikan wawancara ke media. Ia mengumumkan pada Januari bahwa ia berencana untuk mengundurkan diri sebagai pimpinan perusahaan.
8. Eike Batista (Brasil) - Rp 263,4 triliun, pertambangan, minyak
Berdarah Jerman dan putus kuliah yang selama bertahun-tahun berjuang untuk bangkit dari bayang-bayang ayahnya yang terkenal, Batista, telah lama mengatakan dia ingin menjadi orang terkaya di Brasil dan di dunia. Segala sesuatu terkait pria 53 tahun - dari mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren hingga the "X", nama semua perusahaannya, merupakan jeritan ambisinya.
Seorang pembalap speedboat kelas atas yang menikah dengan seorang ratu Rio Janeiro Carnival, Batista makan malam dengan bintang pop AS Madonna di Rio tahun lalu dan menurut laporan setempat, menyerahkan cek makan malam sebesar US$ 7 juta sebagai sumbangan untuk proyek sosialnya.
Dia memiliki ambisi mengubah Rio menjadi kota modern yang berkembang. Sesaat sebelum Rio dianugerahi Olimpiade 2016, dia membeli sebuah marina di dekatnya yang akan menjadi pusat dari permainan.
9. Mukesh Ambani (India) - Rp 237 triliun, petrokimia, minyak dan gas
Seorang insinyur kimia, Mukesh, 53, dropped out dari program MBA Stanford University dan bergabung dengan Reliance pada tahun 1981.
Mukesh, memberi istrinya sebuah jet pribadi pada hari ulang tahunnya. Dia juga mengeluarkan US $ 1 miliar untuk rumah 27 lantai. Dia memiliki hubungan yang renggang dengan adiknya Anil, dan mereka telah berusaha di bidang minyak dan gas, retail, telekomunikasi, hiburan, layanan keuangan hingga infrastruktur.
10. Christy Walton & keluarga (USA) - Rp 232,7 triliun, Wal-Mart
Christy Walton adalah janda dari John Walton, yang merupakan putra pendiri Wal-Mart Sam Walton. Sam Walton membangun kerajaan Wal-Mart global dari toko tunggal di Arkansas. Sekarang Wal-Mart merupakan pengecer terbesar di dunia.
Sebetulnya Air Force One bukanlah merujuk pada teknis sebuah pesawat, melainkan nama sandi untuk pesawat milik Angkatan Udara AS (US Air Force) yang dinaiki oleh Presiden Amerika. Jadi semua pesawat milik AS yang misalnya dalam keadaan darurat dinaiki sang presiden, maka namanya menjadi "Air Force One". Nama sandi ini berfungsi untuk membedakan antara pesawat yang sedang dinaiki Presiden Amerika dengan yang tidak.
Demikian juga ketika Presiden Amerika melakukan perjalanan darat, nama sandinya dikenal dengan "Army One". Sementara ketika sedang naik Helikopter (milik US Marine), maka nama sandinya adalah "Marine One".
Meski begitu pemerintah AS tetap memiliki kendaraan khusus presiden untuk setiap nama sandi. Kendaraan-kendaraan ini rutin digunakan Presiden Amerika dan kemudian dikenal masyarakat dengan sebutan Marine One (helikopter), Army One (Kendaraan lapis baja), dan Air Force One (pesawat udara) |
Air Force One mendarat di Bandara Halim |
Seluk Beluk Air Force One
Pemerintah AS mulai berpikir memiliki pesawat kepresidenan ketika masa Presiden Theodore Roosevelt pada dekade 1910-an. Saat itu, tugas-tugas Presiden Amerika sudah semakin kompleks dan dibutukan sebuah pesawat khusus untuk menunjang kinerjanya.
Sekarang, pesawat Air Force One ada dua buah, semuanya buatan Boeing. Jenisnya adalah 740-200 bermesin jumbo jet dengan nomor seri VC-25A. Dua pesawat ini nyaris identik, baik warna, dan bentuknya. Bedanya terletak pada nomor di ekornya, yakni 28000 dan 29000.
Masing-masing pesawat memiliki empat mesin jet elektrik CF6-80C2B1. Batas kecepatannya antara 630 dan 700 mil per jam dengan maksimal ketinggian terbang adalah 45.100 kaki. Air Force One membawa 53.611 galon bahan bakar dan mampu mengelilingi setengah dunia tanpa mengisi bahan bakar dalam sekali terbang.
Jika di Gedung Putih Presiden bekerja di Ruang Oval, maka di dalam Air Force One, ruang kerja presiden bernama Presidential Suite yang terletak di bagian depan pesawat. Di area 'milik' presiden ini tersedia kamar tidur, kamar mandi dan ruang santai. Layaknya sebuah kantor, para para staf senior presiden juga diberikan ruang keja sendiri-sendiri. Selain itu terseda juga ruang rapat yang cukup besar untuk membahas isu-isu penting.
Dalam prosedur penerbangan mereka juga punya standar baku yang ketat. Sebelum Air Force One terbang, persiapan menyeluruh dilakukan atas pesawat ini. Semua perangkat pesawat dicek, bahkan kabarnya para kru pesawat yang memang sudah terpilih, akan diinapkan selama berhari-hari di Andrew Air Force Base sebelum hari keberangkatan.
Beberapa hari sebelum Air Force One mendarat di suatu tujuan, Angkatan Udara AS lebih dulu mengirim sebuah pesawat kargo C141 Starlifter. Pesawat ini memuat, van untuk para pengawal, mobil kepresidenan, serta perlengkapan persenjataan. Saat berada di udara pun, Air Force One akan dikawal oleh sedikitnya dua pesawat tempur.
Untuk menjaga keamanan, menjelang pendaratan Air Force One, seluruh penerbangan di lokasi pendaratan akan di bersihkan. Tak ada sebuah pesawat pun yang boleh mendarat sebelum Air Force One mendarat dengan mulus. Kadang pembersihan jalur penerbangan ini memakan waktu minimal setengah jam atau lebih. Karena repotnya prosedur penerbangan Air Force One, tak heran pesawat ini jarang mendarat di bandar udara komersial melainkan di pangkalan udara. |
Di dalam pesawat, Presiden dan stafnya berada dalam ruangan 4.000 kaki persegi yang terdiri atas ruangan tiga lantai, diantaranya ruangan suite untuk kantor Presiden yang besar, bak mandi, dan ruang pertemuan. Air Force One memiliki ruangan medis suite yang dapat berfungsi sebagai ruang operasi, dan dokter secara permanen. Pesawat juga mampu mempersiapkan makanan untuk 100 orang sekaligus |
Selain merupakan pesawat kepresidenan, Air Force One bisa pula difungsikan sebagai bunker terbang. Hingga kini tak seorang pun pejabat AS mengetahui detail persis bagian-bagian dalamnya. Pesawat ini mampu bertahan dari serangan rudal dan terjangan pulsa elektromagnet nuklir. |
Dengan demikian, Air Force One memang tak lagi sekadar pesawat jet eksekutif kepresidenan. Pesawat ini telah meningkat statusnya menjadi bunker bergerak yang selalu mencurigai bahwa setiap tempat yang akan disinggahi adalah tempat yang tak aman dan amat rawan serangan.
Untuk itu jangan heran jika iring-iringan pesawat, helikopter, dan kendaraan pengangkut Presiden AS juga telah diatur sedemikian rupa agar setiap calon pembunuhnya – termasuk para wartawan yang memburunya terkecoh. Air Force One, misalnya, tak dibiarkan berkunjung ke sebuah negara sendirian. Ia selalu didampingi sebuah lagi pesawat yang memiliki ujud serupa. |
Seandainya PRESIDEN di Serang?
Nah ini berandai-andai saja bagaimana kalau serangan terhadap dirinya terjadi juga? Untuk skenario terburuk, SS akan langsung mengevakuasi Presiden dan istrinya dengan helikopter ke pangkalan udara bergerak terdekat milik AS.
Ketika berkunjung ke Bogor, pangkalan berupa kapal induk USS Essex itu berada di perairan sebelah utara Jakarta. Di kapal induk kecil ini, pasukan AS akan segera melindungi kepala negaranya dan bersiap diri melakukan serangan balasan sesuai tingkat serangan yang mengancam dengan demikian juga hari ini kapal tersebut sudah bersandar di perairan tsb untuk melindungi Presiden Obama saat kunjungan hari ini. USS Essex, sejatinya, adalah kapal serbu amfibi. Di kapal ini mukim puluhan helikopter CH-46 Sea Knight, satu skadron tempur AV-8B Harrier, dan satu skadron heli antikapal selam. Kapal ini juga membawa tiga hovercraft Air Cushion Landing Craft. Lebih lanjut, perjalanannya ke Indonesia dipantau langsung oleh Armada ke-7 AL AS yang bermarkas di Hawaii. Dengan demikian, Anda tahu sendiri, apa yang akan terjadi jika dalam perjalanannya Presiden Amerika "diganggu" |
PENGAMANAN AIR FORCE ONE di udara
|
AIR FORCE ONE CABIN
Cadillac one adalah mobil dinas Presiden Obama. Mobil ini didesain dan dikembangkan oleh para spesialis yang menggunakan standar keamanan tertinggi, termasuk tahan dari serangan roket dan bahan kimia, mengingat kendaraan ini bisa jadi merupakan sasaran utama bagi target pembunuhan. Ilustrasi Cadillac One di bawah ini setidaknya menjelaskan berbagai fungsi dan kelebihan yang dimiliki kendaraan ini. Harga: 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 4,2 miliar Lebar: 18 feet atau 5,5 m Tinggi: 5 feet 10 inchi atau 1,8 m Mesin: 6,5 liter Bahan bakar: Diesel Konsumsi bahan bakar: sekitar 8 mil per galon atau 3,4 km per liter Kecepatan maksimum: 60 mph atau sekitar 97 km/ jam Akselerasi 0-60 mph: 15 detik Casis Dibuat dari pelat baja lima inchi yang didesain untuk bisa tahan dari bom yang diletakkan di bagian bawah mobil Bodi Kombinasi dari baja, aluminium, titanium, dan keramik yang akan tahan dari tembusan berbagai macam proyektil Supir Supir kepresidenan telah dilatih oleh CIA untuk bisa mengendarai kendaraan dalam berbagai keadaan genting Kaca Depan Bisa menahan peluru penembus perisai (peluru yang didesain bisa menembus tank), merupakan satu-satunya kaca yang bisa dibuka agar supir tetap bisa membayar tol atau berkomunikasi dengan agen secret service yang berada di sekeliling mobil Pintu Pintu lapis baja setebal delapan inchi dengan bobot seberat pintu kabin pesawat jet Boeing 757 Kompartemen Supir Dilengkapi dengan steering wheel standar, sistem penjejak GPS dan sistem komunikasi yang terintegrasi pada dasbor Ban Terbuat dari bahan kevlar yang dilengkapi dengan sabuk baja, sehingga antirusak dan tahan bocor. Walaupun diledakkan, ban akan tetap kuat sehingga mobil akan tetap bisa melarikan diri dari serangan Aksesoris Pertahanan Dilengkapi dengan kamera-kamera night vision, shotgun, maupun kanon gas air mata. Mobil juga menyediakan cadangan darah presiden, bila sewaktu-waktu ia membutuhkan transfusi darah darurat Kompartemen Belakang Bisa memuat empat penumpang dan dipisahkan dengan partisi kaca yang hanya bisa dinaik turunkan oleh Presiden Obama. Jendelanya lebih bear daripada kendaraan kepresidenan sebelumnya. Tombol Panic Button juga disediakan bila sewaktu-waktu Presiden meminta pertolongan Kursi Belakang Kursi Obama, memiliki berbagai fitur termasuk desktop yang bisa dilipat, komputer laptop, saluran WiFi, ponsel satelit, dan sambungan langsung kepada wakil presiden dan Pentagon Tangki Bensin Dilapis baja dan didesain khusus dengan foam yang mencegahnya dari meledak walaupun dihajar langsung oleh tembakan atau sejenisnya Boot Menyediakan suplai oksigen dan sistem pemadaman kebakaran
Minggu, 13 November 2011
|
Taipan Meksiko Carlos Slim menjadi orang terkaya di dunia untuk tahun kedua berturut-turut, menurut Forbes.
Berikut adalah daftar 10 orang terkaya versi Forbes 2011:
1. Carlos Slim (Meksiko) - Rp 649,7 triliun, telekomunikasi
Slim, 71, pertama menunjukkan bakat bisnisnya di usia 10 tahun dengan menjual minuman dan makanan ringan untuk keluarganya. Setelah belajar teknik, ia mendirikan sebuah perusahaan real estate dan bekerja sebagai pedagang di bursa saham Meksiko. Slim dikenal dengan "sentuhan Midas" dalam mengakuisisi perusahaan bermasalah dan mengubahnya menjadi penghasil uang.
Kekayaan besarnya kontras dengan gaya hidup hematnya. Dia telah tinggal di rumah yang sama selama sekitar 40 tahun dan mengendarai sebuah Mercedes Benz tua, meskipun dilapisi baja dan dikawal.
Dia telah terlibat dalam memerangi kemiskinan, buta huruf dan kesehatan buruk di Amerika Latin dan mempromosikan proyek-proyek olahraga bagi masyarakat miskin, tetapi tidak pernah menyatakan berencana untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk amal.
2. Bill Gates (USA) - Rp 491,7 triliun, Microsoft
Merasakan awal dari revolusi komputer pribadi, Gates, 55, keluar dari Harvard University pada tahun 1975 untuk memulai Microsoft dan mengejar visi komputer di setiap meja dan di setiap rumah. Microsoft go public pada tahun 1986 dan setahun kemudian sahamnya melonjak membuat Gates, pada usia 31, menjadi miliarder.
Pada tahun 2008 ia mengundurkan diri dari perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia itu untuk bekerja di The Bill and Melinda Gates Foundation. Dia telah memberikan Rp 245,8 triliun kekayaannya untuk yayasan itu.
Bersama istrinya Melinda dan Warren Buffett, dia juga meyakinkan 57 miliuner AS untuk meneken Janji Memberi dan secara publik berjanji memberikan setidaknya 50 persen dari kekayaan mereka selama hidup mereka atau pada saat kematian mereka.
3. Warren Buffett (USA) - Rp 439 triliun, Berkshire Hathaway
Buffett, 80, telah menjalankan konglomerasinya yang berpusat di Omaha, Nebraska, sejak tahun 1965. Bisnisnya dari kereta api hingga es krim.
Pada tahun 2006 ia berjanji untuk memberikan 99 persen kekayaannya ke Bill dan Melinda Gates Foundation dan amal keluarga. Sejauh ini dia telah memberikan US$ 8 miliar (Rp 70,2 triliun) ke Yayasan Gates.
4. Bernard Arnault (Prancis) - Rp 360 triliun, LVMH
Arnault, 62, teman dari Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dididik di Ecole Polytechnique dan bergabung dengan perusahaan konstruksi ayahnya di usia 25. Dia memperoleh reputasi pemburu perusahaan yang kejam setelah mendorong keluar saingan pemegang saham ketika ia mulai membangun grup LVMH pada 1990-an dengan merek Louis Vuitton, Moet dan Hennessy.
Saat ini grup itu menjadi grup pembuat barang mewah terbesar di dunia. Imejnya sebagai predator menghantuinya ketika dia berjuang dengan sia-sia untuk mengakuisisi Gucci pada tahun 1999 dan 2000. Lalu minggu ini dia menghentak pembuat perhiasan Bulgari sebesar US$ 5,18 miliar.
5. Larry Ellison (USA) - Rp 347 triliun, Oracle Corp
Ellison, pendiri dan CEO Oracle, dikenal dengan persaingannya dengan pembuat perangkat lunak Jerman SAP AG. Eksekutif itu akhir tahun lalu menyerang Hewlett Packard yang menurutnya tidak adil karena memecat teman lamanya Mark Hurd. Ellison kemudian mempekerjakannya.
Ellison, yang memenangkan kejuaraan berlayar Piala Amerika tahun lalu, dianggap salah satu "orang lama" dari Silicon Valley.
6. Lakshmi Mittal (India) - Rp 273 triliun, baja
Taipan baja berbasis di London, Mittal, 60, menjalankan ArcelorMittal, produsen baja terbesar di dunia.
Perusahaan Mittal mendanai sebuah menara merah senilai US$ 29 juta yang dirancang oleh pemenang hadiah Turner, Anish Kapoor dan lebih tinggi dari Patung Liberty New York, yang akan mengapung di atas Olympic Park London saat pertandingan 2012.
Pada tahun 2005 ia menghabiskan US$ 10 juta untuk mempromosikan bakat olahraga dan mendorong potensi atlet Olimpiade di tanah airnya setelah ia kecewa dengan perolehan medali India di Olimpiade Athena.
7. Amancio Ortega (Spanyol) - Rp 272 triliun, ritel
Amancio Ortega, 74, memulai bisnis pakaian di tahun 1960 dengan membuat gaun di garasinya di La Coruna. Perusahaannya, Inditex, memiliki rumah mode Zara dan sekarang menjadi pengecer pakaian terbesar di dunia. Ortega ketat menjaga privasi dan tidak memberikan wawancara ke media. Ia mengumumkan pada Januari bahwa ia berencana untuk mengundurkan diri sebagai pimpinan perusahaan.
8. Eike Batista (Brasil) - Rp 263,4 triliun, pertambangan, minyak
Berdarah Jerman dan putus kuliah yang selama bertahun-tahun berjuang untuk bangkit dari bayang-bayang ayahnya yang terkenal, Batista, telah lama mengatakan dia ingin menjadi orang terkaya di Brasil dan di dunia. Segala sesuatu terkait pria 53 tahun - dari mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren hingga the "X", nama semua perusahaannya, merupakan jeritan ambisinya.
Seorang pembalap speedboat kelas atas yang menikah dengan seorang ratu Rio Janeiro Carnival, Batista makan malam dengan bintang pop AS Madonna di Rio tahun lalu dan menurut laporan setempat, menyerahkan cek makan malam sebesar US$ 7 juta sebagai sumbangan untuk proyek sosialnya.
Dia memiliki ambisi mengubah Rio menjadi kota modern yang berkembang. Sesaat sebelum Rio dianugerahi Olimpiade 2016, dia membeli sebuah marina di dekatnya yang akan menjadi pusat dari permainan.
9. Mukesh Ambani (India) - Rp 237 triliun, petrokimia, minyak dan gas
Seorang insinyur kimia, Mukesh, 53, dropped out dari program MBA Stanford University dan bergabung dengan Reliance pada tahun 1981.
Mukesh, memberi istrinya sebuah jet pribadi pada hari ulang tahunnya. Dia juga mengeluarkan US $ 1 miliar untuk rumah 27 lantai. Dia memiliki hubungan yang renggang dengan adiknya Anil, dan mereka telah berusaha di bidang minyak dan gas, retail, telekomunikasi, hiburan, layanan keuangan hingga infrastruktur.
10. Christy Walton & keluarga (USA) - Rp 232,7 triliun, Wal-Mart
Christy Walton adalah janda dari John Walton, yang merupakan putra pendiri Wal-Mart Sam Walton. Sam Walton membangun kerajaan Wal-Mart global dari toko tunggal di Arkansas. Sekarang Wal-Mart merupakan pengecer terbesar di dunia.
Sebetulnya Air Force One bukanlah merujuk pada teknis sebuah pesawat, melainkan nama sandi untuk pesawat milik Angkatan Udara AS (US Air Force) yang dinaiki oleh Presiden Amerika. Jadi semua pesawat milik AS yang misalnya dalam keadaan darurat dinaiki sang presiden, maka namanya menjadi "Air Force One". Nama sandi ini berfungsi untuk membedakan antara pesawat yang sedang dinaiki Presiden Amerika dengan yang tidak.
Demikian juga ketika Presiden Amerika melakukan perjalanan darat, nama sandinya dikenal dengan "Army One". Sementara ketika sedang naik Helikopter (milik US Marine), maka nama sandinya adalah "Marine One".
Meski begitu pemerintah AS tetap memiliki kendaraan khusus presiden untuk setiap nama sandi. Kendaraan-kendaraan ini rutin digunakan Presiden Amerika dan kemudian dikenal masyarakat dengan sebutan Marine One (helikopter), Army One (Kendaraan lapis baja), dan Air Force One (pesawat udara) |
Air Force One mendarat di Bandara Halim |
Seluk Beluk Air Force One
Pemerintah AS mulai berpikir memiliki pesawat kepresidenan ketika masa Presiden Theodore Roosevelt pada dekade 1910-an. Saat itu, tugas-tugas Presiden Amerika sudah semakin kompleks dan dibutukan sebuah pesawat khusus untuk menunjang kinerjanya.
Sekarang, pesawat Air Force One ada dua buah, semuanya buatan Boeing. Jenisnya adalah 740-200 bermesin jumbo jet dengan nomor seri VC-25A. Dua pesawat ini nyaris identik, baik warna, dan bentuknya. Bedanya terletak pada nomor di ekornya, yakni 28000 dan 29000.
Masing-masing pesawat memiliki empat mesin jet elektrik CF6-80C2B1. Batas kecepatannya antara 630 dan 700 mil per jam dengan maksimal ketinggian terbang adalah 45.100 kaki. Air Force One membawa 53.611 galon bahan bakar dan mampu mengelilingi setengah dunia tanpa mengisi bahan bakar dalam sekali terbang.
Jika di Gedung Putih Presiden bekerja di Ruang Oval, maka di dalam Air Force One, ruang kerja presiden bernama Presidential Suite yang terletak di bagian depan pesawat. Di area 'milik' presiden ini tersedia kamar tidur, kamar mandi dan ruang santai. Layaknya sebuah kantor, para para staf senior presiden juga diberikan ruang keja sendiri-sendiri. Selain itu terseda juga ruang rapat yang cukup besar untuk membahas isu-isu penting.
Dalam prosedur penerbangan mereka juga punya standar baku yang ketat. Sebelum Air Force One terbang, persiapan menyeluruh dilakukan atas pesawat ini. Semua perangkat pesawat dicek, bahkan kabarnya para kru pesawat yang memang sudah terpilih, akan diinapkan selama berhari-hari di Andrew Air Force Base sebelum hari keberangkatan.
Beberapa hari sebelum Air Force One mendarat di suatu tujuan, Angkatan Udara AS lebih dulu mengirim sebuah pesawat kargo C141 Starlifter. Pesawat ini memuat, van untuk para pengawal, mobil kepresidenan, serta perlengkapan persenjataan. Saat berada di udara pun, Air Force One akan dikawal oleh sedikitnya dua pesawat tempur.
Untuk menjaga keamanan, menjelang pendaratan Air Force One, seluruh penerbangan di lokasi pendaratan akan di bersihkan. Tak ada sebuah pesawat pun yang boleh mendarat sebelum Air Force One mendarat dengan mulus. Kadang pembersihan jalur penerbangan ini memakan waktu minimal setengah jam atau lebih. Karena repotnya prosedur penerbangan Air Force One, tak heran pesawat ini jarang mendarat di bandar udara komersial melainkan di pangkalan udara. |
Di dalam pesawat, Presiden dan stafnya berada dalam ruangan 4.000 kaki persegi yang terdiri atas ruangan tiga lantai, diantaranya ruangan suite untuk kantor Presiden yang besar, bak mandi, dan ruang pertemuan. Air Force One memiliki ruangan medis suite yang dapat berfungsi sebagai ruang operasi, dan dokter secara permanen. Pesawat juga mampu mempersiapkan makanan untuk 100 orang sekaligus |
Selain merupakan pesawat kepresidenan, Air Force One bisa pula difungsikan sebagai bunker terbang. Hingga kini tak seorang pun pejabat AS mengetahui detail persis bagian-bagian dalamnya. Pesawat ini mampu bertahan dari serangan rudal dan terjangan pulsa elektromagnet nuklir. |
Dengan demikian, Air Force One memang tak lagi sekadar pesawat jet eksekutif kepresidenan. Pesawat ini telah meningkat statusnya menjadi bunker bergerak yang selalu mencurigai bahwa setiap tempat yang akan disinggahi adalah tempat yang tak aman dan amat rawan serangan.
Untuk itu jangan heran jika iring-iringan pesawat, helikopter, dan kendaraan pengangkut Presiden AS juga telah diatur sedemikian rupa agar setiap calon pembunuhnya – termasuk para wartawan yang memburunya terkecoh. Air Force One, misalnya, tak dibiarkan berkunjung ke sebuah negara sendirian. Ia selalu didampingi sebuah lagi pesawat yang memiliki ujud serupa. |
Seandainya PRESIDEN di Serang?
Nah ini berandai-andai saja bagaimana kalau serangan terhadap dirinya terjadi juga? Untuk skenario terburuk, SS akan langsung mengevakuasi Presiden dan istrinya dengan helikopter ke pangkalan udara bergerak terdekat milik AS.
Ketika berkunjung ke Bogor, pangkalan berupa kapal induk USS Essex itu berada di perairan sebelah utara Jakarta. Di kapal induk kecil ini, pasukan AS akan segera melindungi kepala negaranya dan bersiap diri melakukan serangan balasan sesuai tingkat serangan yang mengancam dengan demikian juga hari ini kapal tersebut sudah bersandar di perairan tsb untuk melindungi Presiden Obama saat kunjungan hari ini. USS Essex, sejatinya, adalah kapal serbu amfibi. Di kapal ini mukim puluhan helikopter CH-46 Sea Knight, satu skadron tempur AV-8B Harrier, dan satu skadron heli antikapal selam. Kapal ini juga membawa tiga hovercraft Air Cushion Landing Craft. Lebih lanjut, perjalanannya ke Indonesia dipantau langsung oleh Armada ke-7 AL AS yang bermarkas di Hawaii. Dengan demikian, Anda tahu sendiri, apa yang akan terjadi jika dalam perjalanannya Presiden Amerika "diganggu" |
PENGAMANAN AIR FORCE ONE di udara
|
AIR FORCE ONE CABIN
Cadillac one adalah mobil dinas Presiden Obama. Mobil ini didesain dan dikembangkan oleh para spesialis yang menggunakan standar keamanan tertinggi, termasuk tahan dari serangan roket dan bahan kimia, mengingat kendaraan ini bisa jadi merupakan sasaran utama bagi target pembunuhan. Ilustrasi Cadillac One di bawah ini setidaknya menjelaskan berbagai fungsi dan kelebihan yang dimiliki kendaraan ini. Harga: 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 4,2 miliar Lebar: 18 feet atau 5,5 m Tinggi: 5 feet 10 inchi atau 1,8 m Mesin: 6,5 liter Bahan bakar: Diesel Konsumsi bahan bakar: sekitar 8 mil per galon atau 3,4 km per liter Kecepatan maksimum: 60 mph atau sekitar 97 km/ jam Akselerasi 0-60 mph: 15 detik Casis Dibuat dari pelat baja lima inchi yang didesain untuk bisa tahan dari bom yang diletakkan di bagian bawah mobil Bodi Kombinasi dari baja, aluminium, titanium, dan keramik yang akan tahan dari tembusan berbagai macam proyektil Supir Supir kepresidenan telah dilatih oleh CIA untuk bisa mengendarai kendaraan dalam berbagai keadaan genting Kaca Depan Bisa menahan peluru penembus perisai (peluru yang didesain bisa menembus tank), merupakan satu-satunya kaca yang bisa dibuka agar supir tetap bisa membayar tol atau berkomunikasi dengan agen secret service yang berada di sekeliling mobil Pintu Pintu lapis baja setebal delapan inchi dengan bobot seberat pintu kabin pesawat jet Boeing 757 Kompartemen Supir Dilengkapi dengan steering wheel standar, sistem penjejak GPS dan sistem komunikasi yang terintegrasi pada dasbor Ban Terbuat dari bahan kevlar yang dilengkapi dengan sabuk baja, sehingga antirusak dan tahan bocor. Walaupun diledakkan, ban akan tetap kuat sehingga mobil akan tetap bisa melarikan diri dari serangan Aksesoris Pertahanan Dilengkapi dengan kamera-kamera night vision, shotgun, maupun kanon gas air mata. Mobil juga menyediakan cadangan darah presiden, bila sewaktu-waktu ia membutuhkan transfusi darah darurat Kompartemen Belakang Bisa memuat empat penumpang dan dipisahkan dengan partisi kaca yang hanya bisa dinaik turunkan oleh Presiden Obama. Jendelanya lebih bear daripada kendaraan kepresidenan sebelumnya. Tombol Panic Button juga disediakan bila sewaktu-waktu Presiden meminta pertolongan Kursi Belakang Kursi Obama, memiliki berbagai fitur termasuk desktop yang bisa dilipat, komputer laptop, saluran WiFi, ponsel satelit, dan sambungan langsung kepada wakil presiden dan Pentagon Tangki Bensin Dilapis baja dan didesain khusus dengan foam yang mencegahnya dari meledak walaupun dihajar langsung oleh tembakan atau sejenisnya Boot Menyediakan suplai oksigen dan sistem pemadaman kebakaran
|
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates. Distributed by Deluxe Templates
|